Sukses

Mengenal Lebih Jauh Sistem Autopilot Tesla Motors

Fitur autopilot tesla belum sempurna dan butuh peran manusia untuk menjadi pusat kendali.

Liputan6.com, California - Tesla Motors jadi pabrikan baru dengan inovasi yang paling mutakhir di ranah otomotif. Perusahaan otomotif yang dibangun oleh Elon Musk ini berhasil menciptakan mobil listrik yang memakai fitur autopilot.

Musk mengklaim fitur ini mampu mengurangi kecelakaan hingga 50 persen. Namun demikian, fitur autopilot tesla belum sempurna dan butuh peran manusia untuk menjadi pusat kendali selama perjalanan.

Dilansir Businessinsider, sistem autopilot ini terdiri dari berbagai sensor di sekeliling mobil diantaranya radar, kamera depan, serta electric assist braking system. Sensor tersebut berfungsi mendeteksi lingkungan sekitar sehingga dapat mengendalikan secara otomatis terutama pada situasi jalan tol.

Salah satu sensor bekerja secara ultrasonik dengan mengirim gelombang sejauh 16 kaki dari mobil. Sensor ini berfungsi untuk menjaga jarak dengan mobil lain disekelilingnya sehingga akan lebih aman bila mobil akan berpindah jalur.

Kelemahan terbesar dari fitur autopilot pada mobil buatan Tesla Motors yaitu tangan pengemudi wajib tetap berada pada setir. Pengemudi masih bertanggung jawab penuh terhadap kontrol utama kendaraan. Sistem akan membunyikan alarm peringatan apabila tangan pengemudi tidak memegang setir.

Sama seperti halnya ponsel, perangkat lunak yang mengatur sistem autopilot bisa mendapat pembaharuan yang diunduh melalui jaringan nirkabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini