Sukses

Downforce Jadi Kunci Mobil F1 Taklukkan TIkungan Parabolik

Downforce pada mobil membuatnya lebih stabil saat melintasi tikungan parabolik.

Liputan6.com, Brussel - Semua orang tahu bila mobil Formula 1 sangat cepat. Namun, tolok ukur ini bisa sepadan dengan mobil-mobil balap di kelas lainnya.

Kecepatan maksimum mobil F1 di atas kertas setara dengan mobil-mobil balap Gran Tourismo. Namun demikian, daya lesatan mobil GT masih kalah dari F1.

Mobil F1 memberi bukti nyata saat menaklukkan tikungan Eau Rouge di sirkuit de Spa-Francorchamps di Belgia. Karakter tikungan ini parabolik, yaitu turunan kemudian menanjak setelah tikungan.

Dilansir Popularmechanics, kekuatan downforce jadi kunci performa mobil F1 sampai ke puncak tanjakan lebih cepat ketika melahap Eau Rouge. Padahal, tenaga maksimum mobil F1 nyaris setara dengan mobil GT.

Tikungan parabolik seperti ini lebih membutuhkan gaya tekan pada mobil ketimbang tenaga besar. Mobil F1 memiliki kecepatan lebih saat di trek lurus dan tidak limbung saat menikung dalam kecepatan tinggi.

Sebaliknya, mobil GT seolah kurang bertenaga saat menikung lalu menanjak. Antara mobil F1 dan GT terdapat selisih waktu yang cukup lama saat akan mencapai titik puncak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.