Sukses

Deretan Pelanggaran Lalu Lintas Pemotor yang Anti Mainstream

Pemotor kerap melakukan berbagai bentuk pelanggaran aturan lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta Pemotor alias bikers seringkali teledor saat berkendara. Bermacam-macam bentuk pelanggaran aturan lalu lintas pernah dilakukan, mulai dari yang sepele sampai yang paling membahayakan.

Pelanggaran yang membahayakan ini biasanya mereka lakukan dengan cara yang tidak lazim. Mulai dari menerobos jalan tol sampai mengendarai motor pakai kaki pun dilakoni demi melampiaskan segala kegilaan atau hanya sekedar ingin pamer bagi pengguna jalan lainnya.

Ulah pemotor saat melanggar lalu lintas berisiko membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Jika sudah begini, polisi pasti turun tangan mengamankan si pelaku. Berikut ini rangkuman aksi pelanggaran anti mainstream yang dilakukan pemotor:

Pemotor Masuk Jalan Tol Cikampek

Seorang pria yang tidak diketahui identitasnya beberapa waktu lalu terekam berkendara dalam kecepatan tinggi di tol Cikampek. Ia mengendarai motor bebek Honda Supra X 125 berkelir hitam-merah.

Aksi pria ini sudah jelas melanggar hukum, sebab jalan tol tidak boleh dilalui kendaraan roda dua. Selain itu, ia juga tidak memakai perlengkapan keselamatan apapun, termasuk helm.

Ia memacu di jalur tengah sehingga aksi ini begitu membahayakan pengguna jalan lainnya. Para pengguna jalan tidak tinggal diam dan langsung mengepungnya.

Pihak kepolisian ikut mengejar pemotor ini dengan dibantu mobil lain. Akhirnya, pemotor ini berhasil dihentikan setelah ia kembali dikepung dari segala sisi hingga posisinya terjepit di bahu jalan.

Motor Angkut 9 Penumpang

Foto: Liveleak

Aksi pemotor Indonesia terbilang ekstrem. Ada lagi kasus pelanggaran dimana ebuah motor batangan alias motor sport jadul disesaki lebih dari tiga orang.

Sekali jalan, motor ini mengangkut sembilan orang, termasuk si pengendara. Sisi kiri dan kanan motor bermesin dua tak ini ditambahi papan yang masing-masing bisa dimuati oleh tiga orang.

Aksi bonceng sembilan orang ini pastinya sangat berbahaya karena hanya bertumpu pada dua roda dan tidak ada kereta samping atau roda tambahan.

Baik pengendara maupun penumpang tidak mengenakan helm atau perlengkapan keselamatan apa pun. Apabila terjadi insiden, maka peluang mengalami cedera serius pun cukup besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kendarai Motor Bebek Pakai Kaki

Salah satu contoh aksi mengendarai sepeda motor yang tidak lazim dan berbahaya dilakukan oleh seorang pemuda di Vietnam. Ia mengendarai motor dengan kaki pada setang sementara tangannya memegang telepon seluler.

Saat berkendara, pemuda tersebut hanya mengenakan kaos, celana pendek, dan sendal jepit. Bahkan, tidak pakai helm atau perlengkapan berkendara apapun.

Sembari mengendarai Honda Supra Fit, ia menelepon ibunya dan aksi berbahaya ini direkam video oleh rekannya. Bac Ninh yang kebagian tugas merekam kemudian mengunggah video itu ke jagat maya.

Polisi pun langsung mencari keberadaan pemuda yang berkendara nekat itu dengan bukti dari video yang ada. Ia kemudian diadili harus membayar denda sebesar 226 pound sterling atau sekira Rp 4,48 jutaan untuk aksi berkendara dengan kaki.

Berkendara Tanpa Busana dan Helm

Foto: Autoevolution

Manusia menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan. Terlebih, kasus kecelakaan sering dialami pengendara roda dua yang kerap berkendara secara ugal-ugalan dan tidak mengendakan perlengkapan keselamatan.

Salah satu contohnya yaitu seorang pemotor yang tak mengenakan helm dan bertelanjang dada saat berkendara. Ia juga berkendara secara ugal-ugalan.

Ia salah perhitungan saat mendahului mobil boks di depan. Pemotor tak menyadari ada hatchback yang melaju lambat. Kecepatan yang terlalu tinggi membuat kecelakaan tak dapat dihindari. Ia menghantam mobil dengan keras hingga akhirnya tersungkur ke aspal.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Mamah Muda Kendarai Motor Sembari Gendong Bayi

Aksi berbahaya dilakukan seorang perempuan bernama Maria Ojeda Basualdo di Uruguay. Ibu muda berusia 19 tahun ini tertangkap kamera menggendong bayi sembari mengendarai sepeda motor.

Sembari tangan kanannya menahan grip gas, tangan kirinya memeluk erat seorang bayi yang diduga anaknya. Aksi ibu muda ini bahkan semakin nekat dengan melintasi ruas jalan yang relatif ramai.

Benar saja, perempuan ini terjatuh karena bersenggolan dengan sepeda motor lain. Saat terjatuh, ia masih memeluk erat bayi mungil di gendongannya.

Pada akhirnya, si ibu nekat tersebut segera menyerahkan diri kepada pihak berwajib karena sadar dirinya menjadi sorotan dan terekam video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.