Sukses

Toyota Camry Kembali Jadi Mobil "Paling Amerika"

Toyota Camry jadi mobil yang paling `Amerika`.

Liputan6.com, Georgetown - Toyota Camry jadi mobil yang paling `Amerika`. Dalam arti di Negeri Paman Sam itu, Camry dirakit langsung oleh orang Amerika Serikat (AS), menggunakan sebagian besar bahan baku dari AS, dan juga paling laris.

Ini adalah hasil riset yang dilakukan Cars.com. Penilaian mobil yang paling Amerika didasarkan pada apa yang disebut dengan American-Made Index.

Dalam indeks ini, beberapa parameter yang dinilai adalah lokasi perakitan di dalam negeri, persentase bahan baku lokal yang harus lebih dari 75 persen, sumber daya manusia dari orang lokal, dan jumlah penjualan tahun lalu.

"Sebagai mobil Amerika terlaris, Toyota Camry mempekerjakan mayoritas orang sini," ujar Patrick Olsen, Editor in Chief Cars.com, dikutip dari USA Today, Senin (4/7/2016). Camry sendiri dirakit di pabrik yang ada di Georgetown dan Indiana.

Berdasarkan American-Made Index, dari semua mobil yang dijual di AS, hanya ada delapan mobil yang masih ke dalam kriteria. Tahun lalu jumlahnya hanya tujuh.

Menariknya, dari lima teratas, semuanya merupakan milik Toyota dan Honda yang notabene berasal dari Jepang. Di posisi kedua ada Honda Accord, sementara posisi tiga hingga lima ada Toyota Sienna, Honda Odyssey, dan Honda Pilot.

Model-model Jepang ini bahkan mengalahkan merek asli AS, seperti Chevrolet, GMC, dan Buick. Berikut adalah daftar lengkap mobil paling `Amerika` versi Cars.com:

1. Toyota Camry
2. Honda Accord
3. Toyota Sienna
4. Honda Odyssey
5. Honda Pilot
6. Chevrolet Traverse
7. GMC Acadia
8. Buick Enclave

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.