Sukses

Ferrari Jadi yang Pertama Tes Ban Baru Pirelli

Ferrari akan menjadi tim balap Formula1 pertama yang menjajal ban Pirelli yang dirancang untuk musim depan.

Liputan6.com, Maranello - Ferrari akan menjadi tim balap Formula 1 pertama yang menjajal ban Pirelli yang dirancang untuk musim depan. Uji coba pertama akan dilakukan pada 2 Agustus nanti, di sirkuit privat Ferrari, Fiorano, Italia.

Melansir Motorsport, ukuran ban baru ini lebih lebar sekira 20 persen dari ban yang digunakan pada musim balap 2016. Ban belakang lebih lebar 8 cm, sementara ban depan 6 cm lebih lebar.

Uji coba ban ini sebetulnya mulai dilakukan awal Mei lalu, juga di Sirkuit Fiorano. Tapi saat itu, status ban Pirelli masih prototipe tahap 1. Uji coba saat itu dilakukan oleh Jean-Eric Vergne, pembalap Formula E asal Perancis.

Sementara untuk uji coba nanti, Ferrari belum memutuskan siapa pembalap yang akan menguji ban baru ini. Yang jelas sepertinya bukan dua pembalap Andalan mereka, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, yang baru saja pergi berlibur.

Ferrari dilarang menggunakan sayap yang dimensinya sesuai dengan regulasi 2017 saat tes berlangsung. Ini adalah salah satu perjanjian uji coba antara Ferrari dan Pirelli.

Selain dengan Ferrari, Pirelli juga menjalin kerja sama dengan Red Bull dan Mercedes. Red Bull akan menjajal ban Pirelli baru beberapa hari setelah Ferrari, sementara Mercedes belum menentukan kapan dan di mana akan melakukan uji coba.

Mario Isola, Pirelli Racing Manager, mengatakan setelah uji coba ini, ban versi final akan diperkenalkan pada akhir November atau Desember. Ban baru ini diprediksi bisa membuat jet darat F1 lebih cepat saat melewati tikungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini