Sukses

Sarung Tangan Canggih Kolaborasi General Motors-NASA

General Motors (GM) akan menjadi perusahaan otomotif pertama yang menggunakan sarung tangan robot untuk merakit mobil.

Liputan6.com, Detroit - General Motors (GM) akan menjadi perusahaan otomotif pertama yang menggunakan sarung tangan robot untuk merakit mobil. Alat ini dinamakan RoboGlove.

Kurt Wiese, Vice President of GM Global Manufacturing Engineering, mengatakan keuntungan menggunakan alat ini adalah para pekerja tak perlu mencurahkan energi terlalu banyak saat bekerja.

"RoboGlove bisa mengurangi jumlah gaya yang pekerja butuhkan saat mengoperasikan alat untuk waktu yang panjang atau dengan gerakan yang berulang," ujar Wiese, dikutip dari laman resmi GM.

Dalam RoboGlove terdapat sensor canggih, aktuator, dan semacam tendon, yaitu jaringan otot yang terdapat dalam tubuh manusia.

RoboGlove dirancang atas kerja sama GM dan National Aeronautics and Space Administration (NASA), lembaga milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa. Selama sembilan tahun mereka habiskan untuk mengembangkan alat ini.

Khusus program ini, GM juga bekerja sama dengan Bioservo Technologies AB, perusahaan teknologi medis asal Swedia. Bioservo juga berencana mengaplikasikan alat ini pada bidang lain seperti perawatan kesehatan.

RoboGlove pertama-tama akan diuji coba di pabrik praproduksi. Setelah mereka berhasil menggaet mitra yang bertugas untuk menyesuaikan ukuran sarung tangan untuk tiap pekerja, RoboGlove akan digunakan di pabrik lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini