Sukses

Cara Unik Toyota Lakukan Efisiensi

Toyota melakukan penghematan besar, hingga mengurangi jumlah operasional lift di kantor pusatnya di Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Kondisi ekonomi yang tak stabil, serta penjualan yang menurun adalah dua alasan perusahaan melakukan efisiensi. Biasanya efisiensi dilakukan dalam skala besar, misalnya memangkas jumlah pekerja.

Tapi tidak demikian dengan Toyota. Mereka justru melakukan hal yang terbilang remeh-temeh agar pengeluaran tak boros. Mereka dilaporkan menghentikan operasi dua dari delapan lift di kantor pusatnya yang ada di Tokyo, Jepang.

"Tujuan utama penghentian lift adalah untuk meningkatkan kesadaran antara pekerja, dan untuk mengingatkan mereka tentang komitmen bahwa Toyota memiliki gagasan peningkatan daya saing melalui perampingan dan mengurangi pemborosan," ujar Toyota, dikutip dari BBC.

Bukan hanya itu saja efisiensi remeh-temeh yang mereka lakukan. Suhu pendingin ruangan atau AC juga telah disesuaikan, serta penggunaan lampu LED lebih banyak.

Menurut pernyataan resmi Toyota, semua ini mereka lakukan untuk membantu perusahaan tetap ramping. Hal serupa pernah mereka lakukan saat krisis ekonomi global pada 2008 lalu. "Kebijakan ini bukan hal baru," ujar juru bicara.

Meski demikian, Toyota tak menyebut berapa biaya yang bisa mereka hemat dengan melakukan langkah-langkah ini.

Selain untuk penghematan, langkah-langkah ini juga dimaksudkan untuk membantu melestarikan lingkungan. "Sadar lingkungan selalu merupakan salah satu nilai penting dalam Toyota," juru bicara menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.