Sukses

Mudik Pakai Motor? Perhatikan 6 Hal Ini

Para pemudik yang menggunakan motor perlu memperhatikan 6 hal ini sebelum berangkat mudik.

Liputan6.com, Jakarta Momen lebaran yang dinantikan segera tiba, sebelum sampai pada momen itu masyarakat Indonesia terlebih dahulu akan disibukkan dengan mudik lebaran.

Bila Anda berencana mudik lebaran dengan kendaraan roda dua atau motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama mudik. Hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan para pemudik, berikut uraiannya:

1. Kesiapan Fisik

Siapkan fisik dan stamina Anda agar tetap prima saat mudik lebaran. Misalnya dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang bisa menyokong Anda agar tubuh tetap bugar dan fit. Tidur yang cukup minimal sehari sebelum berangkat.

2. Bekal dan Barang Bawaan

Bawalah bekal bila perlu, minimal air minum dan roti. Jika Anda masih berpuasa, tentunya siapkan makanan untuk buka bila sebagai antisipasi jika sulit menemukan rumah makan. Atur barang bawaan Anda, jangan sampai kelebihan muatan yang bisa berakibat mempersulit Anda saat berkendaraan.

3. Persiapkan Motor

Tak hanya badan yang perlu dipersiapkan, motor juga perlu dipersiapkan supaya dalam kondisi prima dan aman saat digunakan. Servis motor beberapa hari sebelum berangkat untuk mendapatkan performa motor yang oke.

4. Perlengkapan Aman Berkendara

Gunakan perlengkapan aman dan nyaman untuk berkendara. Ingatlah untuk selalu memakai helm motor berkualitas dan berstandar SNI, pakai pengalas dada atau jaket, sarung tangan, penutup hidung dan siapkan mantel untuk berjaga-jaga bila hujan turun. Jangan gunakan sendal saat perjalanan jauh, gunakan sepatu yang nyaman untuk melindungi kaki kamu.

Jika perlengkapan Anda ada yang kurang, cari perlengkapan aman berkendara yang lengkap dan aman hanya di Tokopedia. Di sana banyak sekali pilihan perlengkapan dan aksesoris motor yang aman, gaul dan trendi.

5. Ketahui Medan dan Jalur Mudik

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda mengetahui rute yang akan dilewati. Perhatikan juga rute-rute alternatif sebagai antisipasi menghindari kepadatan lalu lintas. Cek juga posko-posko istirahat supaya Anda bisa mengatur waktu kapan harus berhenti dan istirahat. 

6. Berdoa dan Beri Kabar Keluarga

Berdoalah sebelum berangkat ke tempat tujuan dan beri kabar keluarga kalau Anda akan berangkat mudik.

Selamat mudik lebaran dan hati-hati selama perjalanan.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.