Sukses

Suzuki Bersiap Eksplorasi Bulan

Suzuki akan membantu salah satu tim eksplorasi luar angkasa untuk menjelajahi bulan dalam kompetisi yang digelar Google.

Liputan6.com, Tokyo - Suzuki Motor Corp resmi menjalin kerja sama dengan iSpace, perusahaan patungan yang bergarak di bidang antariksa yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Melansir Japan Times, Senin (11/7/2016), Suzuki akan membantu salah satu tim eksplorasi di bawah naungan iSpace bernama Hakuto dalam kompetisi yang digelar Google. Kompetisi bertitel Google Lunar Xprize ini akan mempertemukan banyak tim untuk mengeksplorasi bulan.

Lebih spesifik, tim yang bertanding diminta mendaratkan sebuah robot-mobil atau rover dan menjalankannya sejauh 500 meter. Setelah itu, tim diwajibkan mengirim video beresolusi tinggi dan data citra ke bumi.

Toshihiro Suzuki, President dan CEO Suzuki, mengaku senang dapat membantu Hakuto dalam mengeksplorasi bulan. "Kami berharap eksplorasi bulan sukses dengan rover yang memanfaatkan teknologi Suzuki," ujarnya.

Suzuki akan berkontribusi dalam pengembangan robot yang dimaksud. Mereka bahkan mempertimbangkan menyediakan seluruh teknologi yang dibutuhkan.

Suzuki akan menggunakan teknologi yang dimilikinya berupa teknik pengurang bobot kendaraan dan kontrol traksi. Teknologi kontrol traksi diaplikasikan Suzuki pada beberapa mobil kompak dan kendaraan four-wheel-drive-nya.

Sementara teknik pengurang bobot dapat berguna dalam mengurangi biaya peluncuran robot. Bersama teknologi kontrol traksi, diharapkan robot ini bisa melewati bubuk pasir bulan yang disebut regolith.

Menurut Takeshi Hakamada Ketua Tim Hakuto, teknologi milik Suzuki sangat penting bagi keberhasilan tim. "Kami merasa yakin saat Suzuki bergabung dengan kami," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.