Sukses

Mobil Jerman Lebih Bandel, Ini Rahasianya

Piston mobil Jerman sanggup bertahan lebih dari 10 tahun pemakaian.

Liputan6.com, Jakarta - Populasi mobil buatan Eropa cukup banyak di Indonesia dengan mayoritas negara asal dari Jerman. Dari segi harga, mobil Jerman lebih mahal dari mobil merek Jepang. 

Iwan Rohmawan, kepala bengkel Sinar Sakti Motor menjelaskan bila durabilitas mesin mobil buatan Jerman terbukti lebih kuat. Untuk pemakaian di atas 10 tahun, mobil Jepang biasanya butuh mengganti piston sedangkan mobil Jerman belum perlu.

"Pemakaian di atas 10 tahun, mobil Jepang sudah ganti piston, kalau mobil jerman cuma seal klep. Perbaikan seal klep sama ongkosnya Rp 1,5 juta," kata Iwan pada Liputan6.com.

Ia menuturkan piston mobil Jepang kualitasnya lebih cepat aus. Terlebih, dengan perawatan yang tidak rutin membuat durabilitasnya makin buruk.

Adapun proses perbaikan seal klep ini, lanjut Iwan, butuh waktu yang cukup lama. Alasannya, proses perbaikan turut membersihkan ruang bakar.

"Prosesnya 2 hari, soalnya itu di skir (klep) segala. Itu sekalian juga bersihin ruang bakar," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini