Sukses

Penyakit Mobil Mercy dan BMW

Penyakit mobil Mercy dan BMW biasanya seputar sistem ABS.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap kendaraan biasanya memiliki jenis kerusakan khas yang berbeda. Untuk mobil bermerek Mercedes-Benz dan BMW di Indonesia, penyakit yang sering ditemui seputar sistem ABS.

Iwan Rohmawan, Kepala Bengkel Sinar Sakti Motor di Pasar Mobil Kemayoran menjelaskan sensor ABS jadi kerusakan yang lumrah terjadi di dua merek itu.

"Kerusakannya paling sensor ABS di roda. Kumparan kabelnya sering putus dari putaran rodanya," tutur Iwan pada Liputan6.com.

Adapun biaya perbaikan komponen ini tergantung dari tahun pembuatan mobil. Untuk kendaraan berusia di atas 10 tahun, jelas Iwan, perbaikannya mulai Rp 700 ribu.

"Mobil lama murah ya, Rp 700 ribuan untuk 94 ke bawah. Kisarannya sama untuk BMW juga segitu," lanjutnya.

Adapun mobil tahun muda biaya perbaikannya bervariasi tergantung tipenya. Harga suku cadangnya mencapai jutaan rupiah dan belum termasuk jasa sebesar Rp 350 ribu.

"Kalau yang baru sekitar Rp 1,5 juta untuk C-Class, Rp 2,7 juta untuk S-Class. Barangnya dari importir luar, biasanya Singapura. Kalau dari Jerman lama, pesan harus dari bengkel resmi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini