Sukses

Sosok Motor Keren Garapan Startup Belanda

VanderHeide Motorcycles, startup asal Belanda, memperkenalkan sepeda motor keren bernama Gentleman Racer

Liputan6.com, Amsterdam - Sepeda motor berteknologi tinggi tidak hanya bisa dibuat oleh pabrikan mapan juga. Setidaknya hal tersebut dibuktikan oleh VanderHeide Motorcycles, startup (perusahaan rintisan) asal negeri Belanda.

Dalam rangka menyambut Goodwood Festival of Speed di Inggris, 23 Juni nanti, mereka memperkenalkan sepeda motor baru yang diberi nama Gentleman Racer. Demikian seperti dilaporkan laman berbahasa Belanda, nieuwsmotor.nl.

Banyak yang menarik dari motor ini. Di antaranya monokok, swingarm, dan front forks dibuat sepenuhnya dengan material serat karbon. Setiap komponen ini didesain dan dibangun langsung oleh pendiri perusahaan, Rolf van der Heide.

Fitur lain yang mencolok dari motor ini adalah desain suspensi yang unik. Suspensi depan dan belakang terhubung seperti bentuk `V` terbalik, dimana suspensi belakang sangat panjang hingga `membelah` tangki bahan bakar. Ini adalah konstruksi umum pada mobil balap, dan untuk pertama kalinya diterapkan pada sepeda motor.

"Sepanjang yang saya ingat, saya bermimpi untuk merancang motor saya sendiri. Lima tahun lalu saya memutuskan untuk mengkombinasikan pengetahuan dan pengalaman saja dan mulai fokus merealisasikan mimpi," ujarnya.

Berat kosong Gentleman Racer adalah 175 kg, dengan kapasitas bahan bakar maksimal sebanyak 24 liter. Motor ini mengadopsi mesin milik Aprilia, V4 1000 cc, yang hasilkan tenaga 201 Tk. Mesin ini membuat motor mampu melaju hingga 300 km/jam.

VanderHeide mengatakan Gentleman Racer hanya akan diproduksi sebanyak 25 unit saja. Mereka tak menyebut berapa harga motor ini. Yang jelas pasti akan sangat mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.