Sukses

Aston Martin Vantage Bergaya Pesawat Tempur Perang Dunia II

Supercar ini dikelir duxford green, yaitu hijau yang sangat gelap hingga nyaris menyerupai hitam.

Liputan6.com, London - Aston Martin memperkenalkan edisi khusus Vantage, dengan tema V12 Vantage S Spitfire 80. Mobil sport ini hadir untuk memperingati peluncuran perdana pesawat tempur Supermarine Spitfire tepat 80 tahun lalu.

Spitfire merupakan pesawat andalan militer Inggris selama Perang Dunia II. Kehebatan pesawat tersebut diabadikan pada delapan unit V12 Vantage S Spitfire 80.

Dilansir Motor1, mobil sport ini mengusung kelir istimewa duxford green. Pekatnya warna hijau ini diklaim pihak dealer nyaris menyerupai hitam.

Aksen kuning jadi corak yang menghiasi beberapa bagian meliputi grill, sayap bawah, hingga lis di bodi samping. Pabrikan asal Inggris ini juga memakai kaliper kuning pada keempat roda Spitfire 80. Khusus pada knalpot, Aircraft Restoration Company dari Duxford menampilkan trim khusus di sisi muffler.

Masuk ke kabin, Divisi Q menggarapnya dengan jok kulit coklat dan trim Alcantara dipadu serat karbon. Edisi khusus ini ditandai dengan bordir bertuliskan 'Spitfire' di sandaran kepala.

Mesin yang digunakan pada Spitfire 80 masih standar bawaan Vantage yakni V12 5,9 liter naturally aspirated. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 565 Tk dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,9 detik.

Harga jual yang ditawarkan Aston Martin pada Spitfire 80 cukup fantastis, yakni 40 ribu pound sterling atau sekira Rp 703,3 jutaan lebih mahal dari Vantage S standar. Pembeli mobil ini mendapat keistimewaan melihat secara langsung pesawat Spitfire Mk1 dan pemaparan dari sang pilot. Lebih lanjut, sebagian dari keuntungan penjualan mobil bakal didonasikan ke lembaga RAF Benevolent Fund.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini