Sukses

BMW Fokus Garap Seri 3 Versi Listrik

BMW Seri 3 bakal mengadopsi arsitektur terbaru yang disebut CLAR (Cluster Architecture).

Liputan6.com, Munich - Bayerische Motoren Werke atau BMW terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Seri 3 jadi salah satu model yang masuk ke dalam rencana di mana nantinya bakal tersedia versi listrik.

Sedan kompak ini ditargetkan meluncur dalam 18 bulan mendatang. Dilansir Autoexpress, BMW berniat mengalahkan empat kompetitor sekaligus yakni Mercedes-Benz C-Class, Jaguar XE, Audi A4, sampai Tesla Model 3. 

Seri 3 terbaru selain ramah lingkungan juga pastinya lebih ringan melalui konstruksi serat karbon. Mobil dengan kode produksi G20 ini bakal mengadopsi arsitektur terbaru yang disebut CLAR (Cluster Architecture) yang telah dipakai pada Seri 7 terbaru di awal tahun ini.

Komponen yang lebih ringan bakal difokuskan pada bagian pilar bodi, rangka pintu, serta terowongan transmisi. Ini mampu mengurangi bobot mencapai 80 kilogram dan cukup untuk membuat mobil paling ringan di kelas compact-premium.

BMW menyediakan mesin Diesel tiga silinder 1,6 liter dengan output 114 Tk sebagai pilihan utama. Namun, fokus utama jantung penggerak bakal mengarah ke elektrifikasi dengan dukungan baterai 90 kWh.

Varian yang akan dipasangi emblem eDrive Sport ini mampu menempuh jarak sekira 483 kilometer. eDrive sayangnya baru meluncur pada 2020 sebagai kelanjutan tipe 330e, sedan hibrida dengan mesin bensin 2,0 liter dipadu motor elektrik dengan daya 87 Tk.

Menurut perkiraan, BMW bakal memperkenalkan Seri 3 pada Frankfurt Motor Show 2017 dan menjualnya pada awal 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini