Sukses

Harga Body Kit Plastik Mahal, Bahan Ini Lebih Murah

Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk menginstalasi body kit pada mobil?

Liputan6.com, Depok - Salah satu solusi agar kendaraan standar punya rupa yang lebih sporty adalah dengan menginstalasi body kit, seperangkat komponen tambahan yang dipasang di bumper depan dan belakang, dan samping bawah pintu.

Selain untuk tampilan, body kit ini punya manfaat teknis. Misalnya, meningkatkan kemampuan aerodinamika. Bumper dan side skirt bisa menghalangi agar angin tidak terlalu banyak yang melewati bawah kendaraan, dan dengan demikian membuat mobil lebih stabil atau tidak limbung pada kecepatan tinggi.

Lantas, berapa biaya pemasangan komponen tambahan ini? Di Rafet Auto, bengkel spesialis cat dan body mobil di Jalan Raya Bogor Km. 35, biayanya tergantung dari bahan yang dipakai, apakah fiber atau plastik.

"Biaya untuk pemasangan body kit keliling (bumper depan belakang dan side skirt) pakai bahan fiber Rp 3,5 juta. Kalau bahan plastik Rp 4,5 juta," ujar Erwin Santoso, pengelola bengkel kepada Liputan6.com beberapa waktu yang lalu.

Sementara bagi yang memesan secara terpisah, harganya bisa lebih mahal beberapa ratus ribu. "Kalau terpisah justru lebih mahal. Misalnya bumper depan saja bisa 1,5 ribu, belakang sama. Side skirt itu Rp 1 juta," ujarnya.

Lama pengerjaan memakan waktu tiga hari. Ini sudah termasuk pengecatan. "Konsumen tinggal terima jadi," tambah Erwin.

Menurutnya, selama ini kelompok yang paling sering menginstalasi body kit adalah anak muda, terutama mereka yang mengendarai sedan. "Sementara kalau untuk minibus, MPV, itu ada, tapi jarang sekali. Mungkin karena penggunanya sudah berusia," tutup Erwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini