Sukses

Sebelum Jatuh Korban, 40.280 Unit Toyota Wajib Ganti Airbag

Kerusakan airbag inflator tersebut menurut Toyota Astra Motor sebagai antisipasi terhadap akibat fatal yang mungkin terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Toyota menarik 40.280 unit mobil di Indonesia yang terdiri dari Corolla, Yaris, Vios, dan Camry. Mobil tersebut diproduksi pada rentang 2001-2008. Penarikan ini terkait cacat produksi pada airbag inflator buatan Takata di sisi penumpang.

Kerusakan airbag inflator tersebutmenurut Toyota Astra Motor belum sampai menyebabkan korban jiwa.

"Kami mulai diinformasikan TMC sejak tahun lalu, langsung action menghubungi customer kami. Kami sudah bekerja sama dengan seluruh dealer agar konsumen yang datang ke bengkel dilayani secara maksimal, bisa memanfaatkan channel (service care dan website) untuk melakukan booking," kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Senin (18/7).

Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM) menambahkan bila kerusakan ini  berpotensi membuat airbag inflator di sisi penumpang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

"Ada di unit-unit yang masuk list potensi untuk inflator airbag tersebut bekerja tidak sesuai yang diharapkan saat tabrakan frontal. Yang diganti untuk passenger side," kata Dadi.

Pengguna mobil yang positif masuk ke dalam daftar recall dapat melakukan pergantian di bengkel-bengkel resmi Toyota terdekat dari tempat tinggal. Jadwal perbaikan akan ditentukan setelah booking melalui telepon atau mengisi formulir via website.

"Nama dealer bersifat pilihan, tergantung kota di mana ia tinggal. PIC bengkel akan menghubungi customer, mengundang kendaraan masuk (bengkel) dengan jadwal yang telah ditentukan," jelas Dadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini