Sukses

Bus Mercedes-Benz Bisa Beroperasi Tanpa Sopir

Pengujian bus mulai dilakukan di Amsterdam yang memiliki jalur bus kota terpanjang di Eropa.

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes-Benz berhasil merekayasa teknologi otonomos pada konsep Future Truck 2025. Truk tersebut bisa berjalan secara otomatis dengan kecepatan maksimum 85 km/jam dikendalikan oleh sistem Highway Pilot.

Kali ini, pabrikan berlogo three pointed stars bakal mengadaptasi teknologi tersebut pada Future Bus dengan dukungan sistem City Pilot. Bus ini nantinya bisa berjalan secara otomatis dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

Sebagai pembuktian, Mercedes-Benz melakukan demonstrasi di Amsterdam. Ibu kota Belanda tersebut memiliki jalur bus terpanjang di Eropa.

Dilansir Motor1, Future Bus bakal beroperasi di rute sejauh 20 kilometer, di mana akan berhenti saat lampu merah, menaik-turunkan penumpang di halte, ataupun mengerem saat terdapat hambatan. Dalam proses uji coba, di dalam bus ini terdapat seorang pengawas untuk memastikan bus bisa bermanuver secara aman di kepadatan lalu lintas Amsterdam.

Kemampuan kendali bus berasal dari sistem radar jarak jauh yang bekerja dengan bantuan kamera dan GPS terintegrasi. Daimler Bus selaku pencipta menjelaskan bila kendali otomatis bus ini bisa berjalan di jalur tersendiri.

Pengemudi dapat mengendalikan bus secara normal ketika melintasi jalur biasa. Setelah itu, mode City Pilot dapat diaktifkan apabila melalui rute yang cocok untuk kemudi otomatis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini