Sukses

Ciri Kampas Kopling Motor Mulai Aus

Apa saja ciri kampas kopling yang mulai aus?

Liputan6.com, Depok - Kampas kopling memiliki fungsi yang signifikan dalam menentukan performa sepeda motor. Komponen ini adalah penyalur tenaga mesin ke transmisi. Jadi, kondisi kampas kopling harus tetap prima demi tenaga kendaraan yang maksimal.

Bagaimana jika komponen ini mulai rusak? Apa saja ciri-cirinya? Ajung, Pemilik Raja Motor, bengkel yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim No 23B, Depok, Jawa Barat, mengatakan ada beberapa ciri kampas kopling mulai rusak.

"Rasanya kalau naik tanjakan kadang-kadang terasa ada bunyi yang tidak normal seperti gas kosong yang meraung," ujar Ajung kepada Liputan6.com, belum lama ini.

Akselerasi pun akan melemah karena transfer tenaga dari mesin ke transmisi tidak maksimal. Jadi, meski tak mempengaruhi kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya akan lebih panjang.

Ciri lainnya dapat diketahui saat motor mulai dinyalakan menggunakan kick starter. "Kadang kalau koplingnya habis diselanya agak susah. Kurang `gigit`, atau terasa jadi enteng," tambah pria yang telah membuka bengkel sejak tiga tahun lalu ini.

Kampas kopling sebetulnya akan haus pada waktunya. Tapi ada beberapa faktor yang membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Salah satunya adalah tak rutin mengganti oli. Pasalnya, kampas kopling memang harus direndam oli agar awet.

"Kalau olinya kurang, kampas kopling kepanasan, haus. Kalau sudah haus ya jadi cepat habis," tambahnya.

Ada pula ciri lain, selain yang telah disebutkan di atas. Dua ciri lainnya adalah kopling slip serta putaran mesin tinggi karena kampas mulai licin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini