Sukses

Fakultas Teknik UI Rilis 4 Mobil Listrik

Universitas Indonesia (UI) meluncurkan mobil listrik, Senin lalu (18/7/2016) di Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Depok - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan mobil listrik, Senin lalu (18/7/2016) di Depok, Jawa Barat. Peluncuran mobil listrik ini berbarengan dengan momen perayaan ulang tahun ke-52 Fakultas Teknik (FT).

Dalam laman resmi universitas, ui.ac.id., disebutkan bahwa ada empat mobil listrik yang dipamerkan. Keempatnya adalah Bus Electric Vehicle (EV), Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car MEV 02 dan City Car MEV 03.

Mobil-mobil ini adalah hasil karya para dosen serta mahasiswa FT UI yang tergabung dalam Tim Mobil Listrik Nasional (Molina) UI.

Bus EV adalah kendaraan dengan kapasitas 60 tempat duduk yang punya daya motor listrik 120 kW yang disokong baterai berkapasitas 300 Ah. Bus ini diharapkan dapat menjadi alat transportasi internal UI, yang sekarang dilakukan oleh Bus Kuning (Bikun) yang masih bertenaga fosil.

Sementara MEV 01 adalah city car dengan kapasitas motor 25 kW. City car lainnya adalah MEV 02, yang punya daya 7,5 kW. Mobil ini didesain menyerupai kendaraan komersil pada umumnya.

Sementara MEV 03 agak berbeda. Tenaga penggeraknya berasal dari sistem hybrid, di mana motornya mengeluarkan daya 32 kW dan dibantu oleh mesin bensin konvensional.

Selain mengembangkan mobilnya itu sendiri, Tim Molina UI juga mengembangkan sarana pendukung, yaitu stasiun pengisian kendaraan listrik. Disebutkan infrastruktur ini nantinya menggunakan energi dari PLN dan sel panas matahari.

"Diharapkan teknologi ini ke depannya dapat diterapkan pada mobil konvensional berbahan bakar minyak dan merangsang penelitian lainnya yang dapat diserap oleh industri," ujar Dekan FT UI, Dedi Priadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • UI