Sukses

Toyota Hentikan Sementara Investasi di India

Toyota, produsen mobil nomor satu di dunia, mengatakan akan menghentikan investasi baru di India karena kebijakan yang dianggap merugikan.

Liputan6.com, Delhi - Pelarangan terbatas terhadap mobil bermesin Diesel di India mulai direspons keras oleh Toyota Motor Corp. Toyota, yang  merupakan produsen mobil nomor satu di dunia akan menghentikan investasi baru.

Dilaporkan Times of India, jenama asal Jepang itu saat ini sedang melakukan peninjauan terhadap kebijakan pemerintah India. Mereka juga akan menahan beberapa model yang sedianya akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

"Kami pasti menghentikan investasi baru. Rencananya juga akan membawa beberapa produk, namun proposal ini akan dibekukan sementara. Kami akan merencanakan ulang produk sampai 2020," ujar Shekar Viswanathan, Vice Chairman Toyota Kirloskar Motor.

Sebelumnya, Desember lalu Mahkamah Agung India memutuskan perusahaan otomotif menjual mobil bermesin Diesel besar, di atas 2.000 cc. National Green Tribunal (NGT) juga tidak memperpanjang usia mobil Diesel yang sudah berusia 10 tahun.

Beberapa model yang terkena imbasnya adalah MPV Innova dan SUV Fortuner, yang notabene merupakan model tulang punggung Toyota di India.

Selain itu, Toyota juga telah menginvestasikan Rs 1.200 crore untuk pabrik mesin Diesel. Pabrik ini punya kapasitas produksi 100 ribu mesin per tahun, tapi sampai saat ini yang sudah digunakan baru 30 persen.

"Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kelebihan kapasitas ini. Ketika saya pergi ke kantor pusat Toyota di Jepang untuk proyek berikutnya, sangat sulit untuk menjelaskan situasi ini," tambah Viswanathan.

Menurut Viswanathan, kebijakan ini disebabkan karena Mahkamah Agung dan NGT menerima saran dari pihak yang tidak tepat. Ia menyalahkan "orang-orang yang diwakili Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang berpikir tahu segalanya." (rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.