Sukses

Skuter Bersejarah Buatan Ceko Era Perang Dingin Lahir Kembali

Skuter ini mendapat julukan 'babi' dari penggemarnya karena bentuk spakbor depan begitu gemuk dan headlamp tunggal di bagian tengah.

Liputan6.com, Praha - Nama Cezeta kalah tenar bila dibandingkan merek-merek skuter seperti Vespa, Peugeot, atau Lambretta. Terang saja, skuter asal Cekoslovakia ini eksistensinya cukup singkat, antara 1957 sampai 1964.

Skutik dengan desain gembul ini bakal lahir kembali dalam versi elektrik. Pada awal kemunculannya, Cezeta mengusung mesin satu silinder 175 cc 2-tak.

Skuter ini mendapat julukan 'babi' dari penggemarnya karena posisi tangki bensin berada di bagian depan, tepat di atas roda. Alhasil, bentuk spakbor depan begitu gemuk dan headlamp tunggal di bagian tengah membuatnya mirip seperti kepala babi.

Dilansir Rideapart, Cezeta modern bakal dipersenjatai motor elektrik tiga fase brushless. Ide kebangkitan Cezeta ini dipelopori oleh petenis asal Inggris, Neil Eamonn Smith yang tidak sengaja melihat generasi pertama skuterini saat menghadiri resepsi ke Republik Ceko.

"Saya langsung jatuh cinta. Ini adalah sesuatu yang fantastis dan saya membeli satu," kata Smith.

Smith lantas mengembangkan ide mengganti mesin bawaan Cezeta 506 dengan motor elektrik saat restorasi. Pada akhirnya, ia ingin memproduksi kembali Cezeta.

Daya jelajah skuter ini nantinya mampu hingga 150 kilometer dengan kecepatan maksimum 110 km/jam. Smith menargetkan perusahaannya memproduksi Cezetta hingga 1.000 unit tahun ini.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini