Sukses

Solusi Otomotif: Steering Terasa Berat

Seorang pengguna Innova tahun 2006 mengeluhkan steering yang berat, padahal setelah dicek oli power steering masih ada. Lalu, apa solusinya?

Saya pengguna Innova tahun 2006, yang mau saya tanyakan kenapa steering terasa berat padahal oli power steering-nya masih ada. Kenapa ya Pak Haji? Mohon solusinya -Iskandar- 

Sebagaimana diketahui, sistem steering merupakan komponen paling penting pada kendaraan. Apabila ada yang aneh akan langsung dirasakan oleh pengemudi.

Berat dan ringannya putaran steering harus menggunakan alat ukur tidak bisa menggunakan perasaan (alat ukurnya pull skill) berapa kilogram hasil ukuran steering-nya baru bisa dipastikan kondisinya normal atau berat.

Nah, hal-hal yang bisa dilakukan oleh Pak Iskandar untuk pemeriksaan awal pada bagian steering yaitu:

  1. Periksa dulu tekanan angin ban apakah dalam kondisi normal atau kempes.
  2. Secara Visual periksa keausan ban depan apakah dalam kondisi rata atau makan bagian dalam atau makan bagian luar. Bila terjadi keausan yang tidak rata kondisi ini juga bisa mengakibatkan steering terasa berat. Bila sudah dilakukan spooring rasakan apakah ada perubahan steering kembali ringan.
  3. Pastikan tidak terjadi kebocoran pada steering dan selang selang power steering-nya.
  4. Kalau langkah 1,2,3 sudah dipastikan baru selanjutnya tugas dari mekanik bengkel untuk memeriksanya. 
  5. Kemungkinan kerusakannya adalah (pompa power steering lemah, steering rack macet, atau yoke steering macet).

Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Iskandar dalam pemeriksaan awal pada kendaraan Innovanya.

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office. Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh sejumlah prestasi, di antaranya:

- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest
- Menjadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini