Sukses

Inilah Sosok Gagah Honda CBR1000RR yang Rilis Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Honda CBR1000RR Fireblade baru rencananya akan diluncurkan tahun depan. Foto-foto jelasnya pun tersebar di internet. Dari sini, dapat diketahui apa saja penyegaran yang dilakukan.

Laman motorcyclenews.com menyebut, salah satu perubahan yang ada pada motor ini adalah lebih banyak tenaga, tetapi dengan bobot yang lebih ringan.

Mesin 1 liter empat silindernya disinyalir semburkan tenaga hingga 180 Tk, atau naik 5 Tk dari versi terdahulu. Sementara bobotnya dikatakan lebih ringan 8 kg.

Tersedia pula suspensi baru. CBR1000RR akan menggunakan suspensi semi aktif milik Öhlins. Suspensi semi aktif sendiri tingkat kekerasannya bisa diatur, dari yang paling keras hingga yang terlembut. Suspensi ini diklaim akan meningkatkan kenyamanan.

CBR1000RR juga akan dilengkapi dengan kontrol traksi dan sistem pengereman ABS. Semuanya mengandalkan perusahaan suku cadang terkemuka asal Jerman, Bosch.

Tentu perubahan juga ada pada desain body. Perubahan paling signifikan adalah lampu utama yang sudah menyatu, berbeda dengan versi terkini yang masih terpisah kiri-kanan. Sementara tampak samping nampaknya tidak banyak berubah.

Sumber yang mengetahui detail seputar motor ini menyebut, perubahan signifikan ini adalah bukti bahwa tim Honda telah bekerja keras. Sementara sumber lain mengatakan peluncuran motor ini adalah dalam rangka mengejar ketertinggalan dari kompetitor.

Sebelumnya, santer terdengar bahwa motor ini akan berhenti diproduksi. Laman Shiftinggears menyebut pabrikan berlogo sayap mengepak itu tak punya rencana mengembangkan model ini setelah 2017. Jadi, apa ini Honda CBR1000RR terakhir?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.