Sukses

Penting, Fitur dan Aksesori Mobil untuk Keselamatan Anak

Berikut adalah beberapa fitur dan aksesori untuk keselamatan anak pada mobil yang harus diketahui para orangtua.

Liputan6.com, Jakarta - Ada mobil yang memiliki fitur keselamatan standar yang terbilang lengkap, lainnya terkadang tidak. Ada pula fitur keselamatan yang lengkap untuk orang dewasa, tapi lupa bahwa yang naik mobil bukan hanya mereka.

Alat transportasi seperti mobil membuat penggunanya tak hanya orang dewasa. Anak-anak juga akan masuk ke dalam sebagai penumpang. Dalam hal ini, penting untuk memperhatikan fitur atau aksesori keselamatan apa saja yang penting untuk mereka.

Tentu fitur atau aksesori ini bukan hanya pajangan belaka. Telah banyak kasus yang mencontohkan pada kita betapa pentingnya fitur dan aksesori ini. Misalnya, ada anak yang mengalami cedera parah saat kecelakaan karena tidak duduk di car seat.

Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli, ada baiknya para orangtua mulai memperhatikan beberapa fitur dan aksesori keselamatan berikut. Kalau memungkinkan, tak ada salahnya pula memasang fitur dan aksesori berikut:

Child safety lock

Anak-anak punya rasa penasaran yang tinggi. Mereka bisa mengunyah apapun, atau misalnya mengotak-atik apa yang ada di depannya. Di dalam mobil, mereka juga sangat mungkin membuka pintu. Di sinilah peran child safety lock.

Fitur ini pada dasarnya adalah tuas tambahan yang berfungsi menonaktifkan tuas pintu dari dalam. Saat fitur ini aktif, maka pintu hanya bisa dibuka dari luar. Salah satu mobil keluarga yang dilengkapi fitur ini adalah Suzuki Ertiga.

Jam protection window

Fitur yang satu ini pada dasarnya dibuat untuk mengurangi risiko tangan pengemudi terjepit. Tentu ini berguna bagi anak-anak, seandainya bagian tubuh mereka tiba-tiba ada di antara jendela mobil saat fitur power window diaktifkan.

Fitur ini membuat jendela mobil otomatis turun jika ada benda yang menghalanginya saat proses menutup. Salah satu mobil yang dilengkapi fitur ini adalah mobil sejuta umat Indonesia, Toyota New Avanza (dan New Veloz).

ISOFIX

ISOFIX pada dasarnya merupakan standar untuk kursi keselamatan anak, yang telah wajib ada di semua mobil baru yang keluar di Eropa. Prinsip sistem keselamatan ini adalah mengunci kursi bayi pada bangku belakang.

Salah satu mobil yang telah dilengkapi dengan fitur ini adalah Honda Mobilio. Fitur ISOFIX pada Mobilio juga ditambah Tether sehingga lebih aman.

Car seat

Dari namanya, sudah jelas aksesori apa ini. Car seat adalah aksesori tambahan untuk tempat duduk anak, yang disesuaikan dengan kontur tubuhnya yang tidak sebesar orang dewasa. Car seat bisa dipasang maksimal jika ada ISOFIX.

Yang jelas harus diperhatikan adalah, orangtua tak boleh memasang car seat di bagian depan, melainkan di kursi belakang. Sementara posisinya dibuat memutar atau menghadap belakang. Ini berguna untuk melindungi anak dari cedera karena gaya gerak mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini