Sukses

Daihatsu Malaysia Genjot Produksi Sedan

Daihatsu Motor meningkatka kapasitas tahunan pabriknya yang ada di Malaysia hingga dua kali lipat.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Daihatsu Motor meningkatkan kapasitas tahunan pabriknya yang ada di Malaysia, yang dioperasikan bersama perusahaan otomotif lokal Perodua. Mereka mencanangkan total produksi mencapai 200 ribu unit.

Melansir Asia Nikkei, peningkatan kapasitas ini disebabkan tingginya minat masyarakat terhadap produk hatchback Axia dan sedan kecil Bezza. Sebagai gambaran, Bezza sudah dipesan lebih dari 4.000 orang hanya dalam waktu lima hari.

Bezza merupakan sedan pertama yang dibuat perusahaan patungan ini. Tidak seperti di Indonesia, pangsa pasar sedan di Malaysia relatif baik.

Dikatakan, untuk mencapai target ini, Daihatsu-Perodua menambah shift malam. 100 ribu mobil setara dengan 30 persen dari total volume penjualan mobil baru di Malaysia.

Adapun, mengapa sedan ini disukai konsumen adalah karena irit bahan bakar. Target pasarnya adalah keluarga muda yang belum punya kendaraan. Apalagi harganya relatif murah, dipatok mulai dari 37.3 ribu ringgit atau setara Rp 119,9 juta.

Untuk diketahui, kedua jenama ini membentuk perusahaan gabungan bernama Perodua Global Manufacturing (PGM) pada 2014. Mereka membuat 100 ribu Axia pertahun. Dan akhirnya beberapa waktu yang lalu meluncurkan Bezza.

PGM memanfaatkan teknologi milik Daihatsu untuk meningkatkan daya saing dan menekan harga. Daihatsu sendiri, yang telah menjadi anak perusahaan Toyota Motor sepenuhnya, fokus pada pasar mobil kompak, termasuk di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini