Sukses

Reinkarnasi Toyota Supra Gendong Mesin V6?

Toyota Motor Corp dikabarkan tengah mengembangkan mesin V6 twin-turbo 3-liter untuk mobil sport baru mereka, Toyota Supra.

Liputan6.com, Aichi - Toyota Motor Corp dikabarkan tengah mengembangkan mesin V6 twin-turbo 3-liter untuk mobil sport baru mereka, yang dikabarkan merupakan reinkarnasi Toyota Supra. Menurut orang dalam Toyota yang tak disebutkan namanya kepada majalah Jepang Mag-X, mesin tersebut dapat hasilkan tenaga hingga 400 Tk dan torsi 440 Nm.

Toyota Supra adalah mobil sport yang diproduksi pada 1978 hingga 2002. Pada 2014 lalu di ajang North American International Auto Show, Toyota memperkenalkan mobil konsep bernama FT-1, yang disinyalir merupakan reinkarnasi Supra setelah nama itu didaftarkan di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (AS).

Pabrikan asal Jepang ini pernah membuat mesin turbocharger dalam konfigurasi yang sama. Disebutkan, mesin baru ini akan disebut 943F sebagai kode internal. Teknologi turbo sendiri akan membuat mobil punya tenaga besar, meski mesinnya kecil.

Kabarnya, mesin ini juga mungkin akan digunakan oleh merek mobil mewah milik Toyota, Lexus. Model terbaru mereka, Lexus GS, juga menggendong mesin V6, tapi dengan kubikasi mesin 3,5 liter. Dengan kapasitas lebih rendah, maka mesin ini bisa lebih hemat BBM.

V6 bukanlah barang baru. Salah satu pabrikan lain yang telah membuat mesin ini adalah Nissan dengan modelnya GT-R. Berbekal mesin V6 3,8 liter, twin-turbo, GT-R model tahun 2017 mampu semburkan tenaga hingga 565 Tk dan torsi maksimal 633 Nm.

Toyota Supra dikembangkan bersama dengan BMW. Sebelumnya disebutkan bahwa mesin Supra bakal mengadopsi teknologi hybrid, di mana mesin bensin dan motor listrik bekerja bersama menggerakkan mobil.

Toyota Supra yang sebelumnya dikabarkan bakal meluncur pada 2019 ini akan bersaing ketat dengan model lain. Selain Nissan GT-R, Porshce 911 dan Mercedes AMG GT akan jadi lawan yang sepadan. Belum ada informasi terbaru soal peluncuran mobil ini.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.