Sukses

India Siap Produksi Suzuki Jimny Generasi Terbaru

Suzuki, jenama otomotif terkemuka asal Jepang, dikabarkan akan memproduksi generasi baru Suzuki Jimny di Gujarat, India.

Liputan6.com, Gujarat - Suzuki, jenama otomotif terkemuka asal Jepang, dikabarkan akan memproduksi generasi baru Suzuki Jimny di India. Jimny adalah mini SUV off-road andalan Suzuki yang pertama kali diproduksi pada 1970.

Melansir auto.ndtv.com, Senin (25/7/2016), generasi baru Jimny akan didasarkan pada platform yang sama dengan model Baleno dan Ignis. Adapun perakitannya akan dilakukan di pabrik Suzuki yang ada di Gujarat, India sebelah barat.

Untuk diketahui, saat ini Suzuki Jimny telah memasuki generasi ketiga. Generasi terakhir ini diproduksi mulai 1998. Sementara generasi keempat diprediksi akan meluncur pada paruh kedua tahun depan.

Diprediksi, Jimny baru akan menggendong mesin Boosterjet turbo berkapasitas 1,0 liter. Mesin ini akan disandingkan dengan sistem penggerak empat roda (four wheel drive/FWD) sebagaimana model Ignis. Tak akan ada pilihan mesin Diesel.

Suzuki India juga mungkin akan membuat varian mesin 1,4 liter sebagaimana yang mereka tanamkan pada Suzuki Vitara yang dijual di Eropa. Varian mesin ini akan dilengkapi dengan transmisi otomatis dan manual lima percepatan.

Di Indonesia, Suzuki Jimny juga dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dengan didatangkan secara utuh atau completely built up (CBU). Mobil yang terjual hingga ratusan unit ini jadi kendaraan fleet sejumlah pemerintah daerah.

Mei lalu, salah seorang pejabat PT SIS mengatakan bahwa mereka akan mendatangkan Jimny di semester dua tahun ini. Jika dilihat dari timeline-nya, maka dapat dipastikan yang akan didatangkan masih Suzuki Jimny generasi ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini