Sukses

Jangan Taruh Barang di Dashboard Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Airbag berfungsi penting ketika terjadi kecelakaan sebagai penyangga penumpang atau pengemudi agar tidak membentur bagian depan kendaraan. 

Mengingat fungsinya yang vital tersebut, Yui Hastoro selaku Direktur Teknik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengimbau kepada pemilik mobil agar tidak meletakkan benda apapun pada dashboard depan khususnya di sisi penumpang. Sebab, benda ini akan menghalangi panel airbag ketika meledak. 

"Tempat dia explode tidak boleh ditaruh barang. Kalau dia di atasnya ditaruh sesuatu, begitu meledak (barangnya) kena muka kita," kata Yui di Karawang beberapa waktu lalu.

Yui menjelaskan  dashboard kendaraan khususnya pada panel airbag telah dirancang secara khusus ketika tabrakan tidak membahayakan penumpang. Adanya benda-benda berupa aksesori malah berpotensi mencederai lebih parah saat terjadi kecelakaan.

"Itu sudah didesain pada saat airbag meledak tidak ada partikel yang akan mengenai muka. Malah yang itu (aksesori) yang bikin luka," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini