Sukses

Mengenal Porsche 911 GT3 RS, Mobil Baru Verstappen

Porsche sengaja menyiapkan 911 GT3 RS untuk balap Touring.

Liputan6.com, Brussel - Pebalap termuda di Formula 1 saat ini, Max Verstappen jadi sosok yang cukup kontroversial. Bagaimana tidak, pembalap kelahiran Hasselt, Belgia tersebut menggunakan Porsche 911 GT3 RS untuk mobil harian.

Dari sisi spesifikasi, 911 GT3 RS sebenarnya disiapkan Porsche untuk balap Touring. Namun, Pabrikan Zuffenhausen juga merilisnya sebagai edisi terbatas dengan beberapa penyesuaian untuk versi jalanan.

Dilansir Autoevolution, Porsche membangun 911 GT3 RS hanya sebanyak 2 ribu unit per tahun. Adapun kuota untuk tahun ini telah ludes terpesan.

Mobil ini menggunakan konfigurasi mesin belakang. Dapur pacunya mengusung mesin enam silinder segaris 4,0 liter dengan output 500 Tk dan torsi 460 Nm.

Dikutip dari situs resmi Porsche, performa 911 GT3 RS bisa sangat gahar di sirkuit karena dukungan transmisi 7-percepatan Porsche Doppelkupplung (PDK) sebagai opsi bawaan.

Gigi 7 sengaja dirancang untuk performa, di mana rancangan rasio gigi mendukung kemampuan berkendara di sirkuit. Performa mesin yang gahar didukung pula oleh Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan mode sport sebagai spesifikasi standar mobil.

Dalam keluarga 911, GT3 RS merupakan mobil paling ganas. Label ini pertama kali melekat pada 1973 melalui 911 Carrera RS. Varian ini disebut paling buas karena memenuhi persyaratan balap Grand Touring Car. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini