Sukses

Airbag Luar untuk Lindungi Pejalan Kaki, Baru Ada di Subaru

Subaru mengembangkan teknologi airbag pejalan kaki untuk model Impreza terbaru. Airbag ini akan mengembang saat mobil menabrak.

Liputan6.com, Tokyo - Fitur keselamatan pada mobil tak lagi hanya bicara soal pengemudi atau penumpang. Sudah banyak teknologi yang dibuat untuk menghindari pejalan kaki dari kecelakaan fatal karena tertabrak mobil.

Salah satu pabrikan yang mengembangkan teknologi tersebut adalah Subaru. Lewat model barunya Impreza yang rencananya dirilis di Jepang pada musim gugur nanti, Subaru menyematkan fitur baru berupa airbag untuk para pejalan kaki.

Mekanisme airbag ini cukup sederhana. Jika airbag standar mengembang ke dalam kabin, maka airbag rancangan Subaru akan mengembang dari bagian kap mesin.

Dalam gambar ilustrasi di atas, terlihat kepala manekin yang tertabrak akan menghantam airbag. Jadi fungsinya sama dengan airbag standar, yaitu mencegah kepala terbentur langsung pada material padat yang ada di mobil.

"Kami memberikan semuanya untuk menjadi produk berkelas dunia, dengan sistem keselamatan terkemuka," ujar Kazuhiro Abe, Project General Manager untuk Impreza, dikutip dari Asia Nikkei, Kamis (28/7/2016).

Subaru adalah pelopor teknologi ini di Jepang. Airbag pejalan kaki sendiri pertama kali digunakan oleh pabrikan mobil asal Swedia, Volvo.

Impreza sendiri adalah salah satu model terpopuler Subaru. Mobil dengan lekukan sporty ini laku lebih dari 30 persen dari total penjualan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.