Sukses

Ternyata Toyota Masih Tak Berdaya di Hadapan VW

Hinga semester I 2016, Volkswagen (VW) masih jadi yang terlaris, mengalahkan Toyota yang ada persis di bawahnya.

Liputan6.com, Detroit - Dominasi Volkswagen (VW) dalam pasar otomotif global masih berlanjut. Hinga semester I 2016, pabrikan asal Amerika serikat (AS) ini masih jadi yang pertama, mengalahkan Toyota yang ada persis di bawahnya.

Dilaporkan Bloomberg, Kamis (28/7/2016), penjualan Toyota di seluruh dunia pada Januari hingga Juni turun 0,6 persen menjadi hanya 4,99 juta unit. Sementara VW justru naik 1,5 persen menjadi 5,12 juta unit.

Di kuartal pertama, Toyota menjual 2,46 juta unit mobil atau turun 2,3 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara VW mencatatkan angka penjualan 2,5 juta unit, atau naik 0,8 persen.

Juru bicara Toyota mengatakan, salah satu penyebab turunnya penjualan adalah karena permintaan terhadap Prius hybrid di Amerika Serikat (AS) merosot tajam. Di Negeri Paman Sam itu segmen yang paling laris adalah truk dan sport.

Kekalahan sementara Toyota ini juga masih berkaitan dengan melemahnya produksi mereka pada awal tahun ini. Saat itu, pabrik mereka yang ada di seantero Jepang harus berhenti berproduksi karena terjadi kebakaran hebat di perusahaan pemasok.

Angka ini sebetulnya cukup mencengangkan, terutama untuk VW sendiri. Pasalnya, perusahaan asal Jerman tersebut sedang dilanda skandal Dieselgate, yang seharusnya mengurangi persepsi positif mereka di mata publik.

Meski demikian, bukan berarti pendapatan VW otomatis lebih besar dibanding Toyota. Pasalnya, mereka perlu banyak sekali dana untuk menyelesaikan skandal Dieselgate yang menjeratnya sejak tahun lalu.

Sejauh ini, VW telah menyisihkan lebih dari 18 miliar euro untuk menutupi biaya yang timbul dari skandal itu. Total, ada sekira 11 juta unit mobil VW yang terkena dampak Dieselgate di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.