Sukses

VW dan Tata Motors Berkolaborasi, Bikin Mobil Murah?

VW dan Tata Motors menjajaki kemungkinan buat mobil kompak bersama.

Liputan6.com, Delhi - Volkswagen (VW), pabrikan mobil asal Jerman, dilaporkan sedang dalam pembicaraan serius dengan pabrikan India, Tata Motors. Jenama beda benua ini sedang mencari kemungkinan membuat mobil kompak bersama.

Majalah bisnis Jerman Manager Magazin, sebagaimana yang dilansir business-standard.com, mengatakan bahwa pembicaraan ini masih dalam tahap awal. Disebutkan, kalau jadi mobil mini ini akan dijual dengan merek VW.

"Kami secara teratur berdiskusi dengan berbagai perusahaan untuk mengeksplorasi kolaborasi di masa depan, tapi untuk saat ini belum ada pengumuman khusus," ujar juru bicara Tata Motors.

Kalau jadi, rencananya mobil mini ini akan dijual di pasar negara berkembang, salah satunya adalah India.

VW sendiri telah beberapa kali mencoba masuk ke pasar mobil mini dengan menggandeng pabrikan lain, termasuk Suzuki Motor. Tapi kerja sama keduanya gagal.

Di lain pihak, Tata Motors berhasil mengembangkan dan meluncurkan mobil termurah di dunia, Nano, yang harganya hanya Rp 20 jutaan. VW berharap keandalan Tata dalam membuat mobil ini bisa juga diimplementasikan dalam kerja sama keduanya.

DI India sendiri, mobil kompak andalan VW adalah Polo yang dijual dengan harga sekira Rs 5,5 lahk atau setara Rp107 jutaan. Tapi saat ini mobil tersebut masih kalah saing dari mobilnya Maruti Suzuki, yang sekaligus merupakan penguasa roda empat India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini