Sukses

Konsumen Toyota RAV4 Diklaim Paling Bahagia, Benarkah?

Pengguna Toyota RAV4 adalah konsumen SUV kompak paling bahagia, mengalahkan pengguna Mazda CX-5 hingga Honda CR-V.

Liputan6.com, California - Pengguna Toyota RAV4 adalah konsumen SUV kompak paling bahagia, mengalahkan pengguna Mazda CX-5 hingga Honda CR-V. Demikian kesimpulan riset dari J.D. Power, perusahaan jasa informasi yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Pada dasarnya, penelitian ini berusaha mengetahui apakah seseorang puas dengan kendaraan mereka, serta mengukur sejauh mana keterikatan emosional dan kegembiraan mereka saat mengendarai tunggangannya tersebut.

Untuk melakukannya, J.D. Power menetapkan 77 atribut yang dievaluasi, termasuk sensasi yang dirasakan saat menginjak gas. Semuanya terangkum dalam riset yang diberi nama J.D. Power 2016 U.S. Automotive Performance, Execution and Layout (APEAL) Study.

Atribut-atribut ini kemudian dikonversi dalam angka 0 hingga 1.000 poin APEAL. Hasilnya, 23 mobil terbaik terpilih dari segmen masing-masing, dimana Toyota RAV4 adalah salah satu di antaranya.

Toyota sendiri menempatkan dua modelnya sebagai juara. Satu model lagi yang memenangkan penghargaan adalah Lexus RC yang berada di segmen coupe kompak premium.

Dari semua merek yang diuji, General Motors (GM) menempati posisi teratas. Enam model mereka memborong titel. Di posisi kedua ada Hyundai yang menempatkan lima model, BMW AG dan Volkswagen (VW) AG empat model, serta Nissan dan Toyota dua model.

Menurut laman jdpower.com, salah satu alasan mobil-mobil ini terpilih adalah karena dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap semisal blind spot. Mobil yang punya fitur ini, misalnya, punya nilai 41 persen lebih besar daripada yang tidak punya.

"Fitur keselamatan membantu pengemudi merasa lebih nyaman dan percaya diri saat mengemudikan kendaraan mereka," demikian kesimpulan dari Renee Stephens, Vice President of U.S. Automotive Quality J.D. Power.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.