Sukses

Jangan Ditiru, Pisang Jadi Pengganti Oli Lumasi Mesin

Uji coba ekstrim ini untuk mengetahui kinerja mesin apabila olinya diganti pisang.

Liputan6.com, California - Peran oli sangat penting untuk mesin karena untuk melumasi komponen bergerak serta mengurangi friksi pada komponen yang saling bersinggungan. Pada kendaraan yang jadi 'kuda pekerja', biasanya kerap lupa ganti oli. Oli mesin yang tidak kunjung diganti secara rutin berdampak buruk bagi kinerja mesin.

Namun, sebuah eksperimen tidak lazim dilakukan bengkel The Speed Warehouse. Dilansir Autoevolution, para mekanik tidak memasukkan oli baru ke dalam mesin, melainkan beberapa buah pisang yang telah dikupas.

Baca Juga

Sebelumnya, oli yang ada di mesin dikuras hingga tidak bersisa. Setelah itu, beberapa buah pisang disiapkan sebagai pengganti oli mesin.

Pisang segar tersebut dilumat melalui lubang oli, sebagian lagi langsung dimasukkan ke dalam mesin dengan cara membuka block head. Para mekanik sengaja melakukan uji coba ekstrim ini untuk mengetahui kinerja mesin apabila olinya diganti pisang.

Mesin mobil tersebut lantas dinyalakan, dan hasilnya bekerja secara normal tanpa kendala. Pisang bisa melumasi mesin secara sempurna layaknya oli.

Banyak yang mengira mesin tidak bisa bekerja secara normal karena memakai pisang sebagai pelumas. Namun demikian, mengganti oli mesin dengan pisang tidak disarankan dan hanya dapat dilakukan saat tidak memiliki waktu untuk servis rutin atau sulit menemukan oli mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini