Sukses

Subaru Kumbang Jadi Benda Bersejarah Jepang, Kok Bisa?

Liputan6.com, Tokyo - Lembaga Institut Insinyur Mesin Jepang (IIMJ) baru-baru ini merilis daftar kendaraan yang tergolong heritage atau bersejarah. Subaru 360 masuk ke dalam daftar mobil ikonik Jepang dengan sertifikasi Warisan Teknik Mesin.

Dilansir ResponseJP, lembaga ini berusaha mengumpulkan mobil-mobil buatan Jepang yang unik dan berhasil dalam rekayasa teknologi pada masanya. Subaru 360 tergolong mobil bersejarah karena keunikan desain dan ukurannya.

Subaru memperkenalkan 360 pertama kali pada 1958. Mobil ini ukurannya relatif mungil serta mengadopsi rangka yang ringan.

Meskipun demikian, 360 memiliki kapasitas angkut sebanyak 4 penumpang. Salah satu mobil nasional Jepang ini kemudian mendapat julukan sebagai kumbang kecil karena desainnya yang membulat.

Lembaga IIMJ berusaha menjaga warisan bersejarah industri otomotif Jepang agar bisa diwariskan pada generasi mendatang. Beberapa warisan berharga lainnya di jagat otomotif Jepang yang mendapat sertifikasi antara lain mesin rotari 10A Mazda buatan 2007 serta Mobil Listrik Tama keluaran 2010.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.