Sukses

Begini Proses Penerjunan Humvee ala Militer AS

Penerjunan Humvee oleh AU ini memanfaatkan parasut untuk menjaga mobil mendarat dengan selamat.

Liputan6.com, South Carolina - Aksi paling menegangkan dalam film salah satu contohnya yaitu menerjunkan suatu mobil dari udara, seperti yang terjadi dalam Fast 7. Cara ini sebenarnya lumrah dilakukan oleh kalangan militer.

Dalam video berdurasi 3:29 detik ini memperlihatkan prosesi penerjunan Humvee oleh Angkatan Udara Amerika Serikat yang berbasis di Joint Base Charleston, South Carolina. Delapan unit Humvee diterjunkan secara berurutan melalui pesawat angkut C-17 Globemaster.

Dilansir Autoblog, pesawat ini menerjunkan sejumlah Humvee pada ketinggian 5 ribu kaki. Dalam aksi ini tentunya tidak terdapat stuntman atau mobil cadangan seperti dalam film.

Sejumlah delapan unit Humvee dijajarkan dalam dua baris. Jelang titik penerjunan, pilot membuka pintu belakang dan barisan Humvee pertama keluar dari pesawat angkut.

Begitu keluar dari lambung pesawat, parasut yang terdapat dalam peti angkut langsung mengembang sehingga Humvee sempat melayang di udara selama beberapa saat. Parasut tersebut berfungsi agar Humvee tetap terkendali saat sampai di darat dan tidak menghujam tanah.

Humvee yang diterjunkan dari pesawat terbang bisa mendarat dengan selamat. Namun demikian, gaya gravitasi dan bobot kendaraan membuat guncangan besar saat pendaratan sulit dihindari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.