Sukses

Rincian Biaya Servis Motor Matik

Sebagaimana kendaraan lain, motor ini juga butuh perawatan, dari mulai servis kecil, hingga servis besar.

Liputan6.com, Depok - Sepeda motor matik adalah kendaraan favorit orang Indonesia. Lihat saja data penjualan yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Lebih dari 50 persen motor yang terjual adalah matik.

Sebagaimana kendaraan lain, motor ini juga butuh perawatan, dari mulai servis kecil, hingga servis besar. Ini untuk menjaga agar kondisi kendaraan tetap prima. Lantas, berapa rincian biayanya?

Reno Anggra, pemilik bengkel Pemula Matic yang ada di Depok, Jawa Barat, menjabarkannya. "Servis besar itu kita buka headnya. Yang kita bersihkan itu head, karburator, dan CVT. Sementara kalau servis kecil itu karburator sama CVT saja," ujar Reno kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

"Untuk biaya, kalau jasa servis besar itu Rp 80 ribu. Kalau kecil Rp 40 ribu, catatanya, tidak ada yang diganti hanya dibersihkan," tambah pria yang telah menekuni otak-atik motor sejak Sekolah Dasar (SD) ini.

Sementara komponen yang umumnya sering diganti pada proses servis ini adalah seal klep dan o ring. Seal klep dibanderol Rp 15 ribu, o ring Rp 10 ribu, serta tambahan gemuk seharga Rp 10 ribu.

Reno menyarankan servis besar sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu enam bulan sekali. "Ganti oli gardan juga baiknya enam bulan," tutup Reno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini