Sukses

Klep Jadi Penyakit Langganan Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio punya masalah yang khas, yang jarang menjangkiti sepeda motor lain

Liputan6.com, Depok - Yamaha Scorpio punya masalah yang khas, yang jarang menjangkiti sepeda motor lain. Masalah tersebut berkaitan dengan klep dan manifold.

Hal ini dikatakan oleh Reki Suhendra, mekanik L12, bengkel khusus Yamaha Scorpio yang terletak di Jalan Abdul Wahab, Sawangan, Depok, Jawa Barat. "Motor lain selama ini belum pernah alami yang sama," ujar Reki kepada Liputan6.com di bengkelnya, Senin (1/8/2016).

Satu masalah pertama adalah kerusakan pada klep. Sementara pada motor lain kerusakan ada pada bagian payung, pada Scorpio justru ujung klepnya yang rusak, yaitu ujung jarumnya membentuk cekungan ke dalam.

"Ini disebabkan karena karakter camshaft yang beda. Akibatnya suara motor jadi berisik. Tenaganya juga berkurang," tambahnya.

Jika ini terjadi, maka tak ada cara lain selain mengganti klep. Di pasaran, biayanya berkisar antara Rp 145 ribu hingga Rp 235 ribu. "Beda daerah beda harga," terang pria yang telah menggeluti dunia perbengkelan sejak 1993.

Masalah kedua adalah manifold yang bocor. "Manifold bocor, tapi mesin tetap hidup. Kalau ini terjadi suaranya jadi aneh, seperti ngempos. Itu karena sedikit udara yang masuk," tambah Reki.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya ada dua, yaitu di lem besi jika memang keadaan darurat, atau mengganti komponen yang bersangkutan. "Harga komponen yang ori itu harga bawahnya Rp 115 ribu," tutup Reki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.