Sukses

Cek Busi, Lihat Warnanya untuk Baca Kondisi Mesin

Busi juga ternyata dapat mencerminkan kondisi mesin motor. Ini bisa dilihat melalui warna lempeng elektroda pada besi.

Liputan6.com, Jakarta Busi adalah komponen penting dalam sebuah sepeda motor. Fungsinya menghasilkan bunga api yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Selain fungsi itu, busi juga ternyata dapat mencerminkan kondisi mesin motor. Ini bisa dilihat melalui warna lempeng elektroda pada besi.

Reki Suhendra, mekanik di bengkel L12 yang ada di Sawangan, Depok, menjabarkan lebih jauh. Menurutnya, setidaknya ada tiga warna busi yang mencerminkan kondisi mesin, hitam, putih, dan cokelat.

"Kalau hitamnya kering, itu biasanya bensin terlalu boros. Sementara kalau hitamnya sudah campur oli, kemungkinan seher dan sil klepnya sudah bocor," ujar Reki kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Kondisi sebaliknya jika warna busi cenderung putih. "Kalau warna putih malah campuran udaranya lebih banyak dibanding bensin," terang pria yang telah menggeluti dunia perbengkelan sejak 1993 ini.

Nah, kalau mesin dalam keadaan normal, maka warna busi cenderung merah bata atau kecoklatan. "Ini warna ideal. Artinya antara udara dan bahan bakar tercampur dalam komposisi yang pas," tutur Reki.

Cara ini bisa dilakukan dengan catatan motor masih menggunakan sistem karburator. Sementara untuk motor injeksi tidak berlaku, sebab asupan udara dan bensin diatur dengan komputerisasi oleh ECU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.