Sukses

Ragam Sebab Busi Menghitam, Kenapa Ya?

Busi yang menghitam berimbas pada tarikan kendaraan itu sendiri, seperti jalan brebet hingga terasa kurang bertenaga.

Liputan6.com, Depok - Salah satu tanda kerusakan pada busi adalah warnanya cenderung hitam. Tentu ini akan berimbas pada tarikan kendaraan itu sendiri, seperti jalan brebet hingga terasa kurang bertenaga.

Ada beberapa sebab mengapa busi berwarna demikian. Reki Suhendra, mekanik bengkel L12 yang terletak di Sawangan, Depok, mengatakan salah satunya disebabkan karena sepul yang melemah.

"Sepul lemah bikin api jadi kecil. Campuran bensinnya terlalu banyak dibanding api. Campuran pembakaran tidak sempurna bikin busi hitam karena bensin tidak terbakar habis dan akhirnya menempel di busi," ujarnya kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Reki mengatakan, sebetulnya ada beberapa faktor mengapa api lemah Dari mulai CDI hingga koil. "Memang harus dicek satu satu. Tapi pada umumnya masalah tetap pada sepul," tambah Reki.

Kasus lain, busi menghitam tapi dalam kondisi kering. Penyebabnya berbeda dibanding kasus pertama di mana busi menghitam, tapi kondisi cukup basah.

Pada kasus kedua, dapat dipastikan masalahnya berasal dari celah pada mesin, yang membuat oli merembes. "Kemungkinan seher dan seal klepnya sudah bocor," terang Reki. Kondisi ini dinamakan oil fouled.

Kalau masalah ini terjadi, Reki menyarankan pemilik motor segera melakukan servis besar. Pasalnya, jika dibiarkan, maka oli mesin akan habis, mesin motor pun bisa 'rontok' karena efeknya akan menyebar ke mana-mana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.