Sukses

Top 3: Ketahui Kondisi Mesin Lewat Warna Busi dan Sigra-Calya

Warna busi bisa menjadi indikator kondisi mesin sepeda motor masuk dalam tiga artikel yang paling disorot pembaca setia Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Warna busi bisa menjadi indikator kondisi mesin sepeda motor masuk dalam tiga artikel yang paling disorot pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, cerita di balik lahirnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra serta produk baru hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu tak luput dari perhatian. Berikut top 3 artikel otomotif:

1. Cek Busi, Lihat Warnanya untuk Baca Kondisi Mesin

Busi adalah komponen penting dalam sebuah sepeda motor. Fungsinya menghasilkan bunga api yang digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Selain fungsi itu, busi juga ternyata dapat mencerminkan kondisi mesin motor. Ini bisa dilihat melalui warna lempeng elektroda pada besi.

Selengkapnya, klik di sini.

2. Cerita di Balik Lahirnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu yang keempat akhirnya diperkenalkan hari ini (2/8/2016). Keduanya resmi mengusung nama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Mobil ini punya citarasa lokal yang kuat. Misalnya, asal nama Calya dan Sigra diambil dari bahasa Sansakerta, yang merupakan bahasa dominan di Nusantara di era kerajaan Hindu seperti Kutai dan Tarumanegara. Dijelaskan, Calya berarti 'sempurna', sementara Sigra artinya 'respons yang cepat'.

Selengkapnya, klik di sini.

3. Calya Sigra Bukan yang Terakhir, Ada Produk Kolaborasi Lainnya

Toyota dan Daihatsu Indonesia resmi memperkenalkan produk kolaborasi terbaru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, di Pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Produk hasil kerja sama keempat setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Agya-Ayla ini nampaknya tak akan jadi yang terakhir. Hal ini diungkapkan oleh Masanori Mitsui, Presiden Daihatsu Motor Company.

Selengkapnya, klik di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.