Sukses

Mercedes-Benz Fokus Pangkas Bobot C-Class

Pemakaian bahan aluminium bisa mengurangi bobot hingga 100 kilogram.

Liputan6.com, Stuttgart - Generasi keempat C-Class baru saja meluncur pada awal 2014 lalu. Belum lama diluncurkan, Mercedes-Benz segera melakukan pengembangan C-Class generasi berikutnya.

Pabrikan yang bermarkas di Stuttgart, Jerman ini akan memperkaya komposisi material pada seri W206 yang menjadi basis model C-Class generasi kelima. Sebelumnya, W205 juga telah memakai bahan aluminium sehingga bobotnya berkurang 100 kilogram, seperti dikutip Autoevolution.

Semakin tingginya kadar aluminium tentunya berdampak pada efisiensi bahan bakar serta kemampuan berkendara yang lebih dinamis. Menurut perkiraan, total bobot yang berkurang dari tambahan bahan aluminium ini kurang lebih sama dengan W205 dengan generasi terdahulu.

Proses produksi C-Class ini akan menuntut teknologi yang canggih untuk pengelasan baja dengan aluminium. Teknik yang dipakai menggunakan las laser, pengikatan, dan mengeling.

Ini dilakukan karena baja dan aluminium memiliki titik leleh yang berbeda sehingga tidak dapat dilas secara tradisional. Teknik pengelasan baja dengan aluminium juga dikuasai dua pabrikan lainnya yaitu Honda dan General Motors.

Mercedes-Benz kemungkinan bakal memperkenalkan W206 pada 2020 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini