Sukses

Ongkos Bikin Performa Motor Matik Tokcer

Ubahan komponen kopling mencegah delay saat akselerasi.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan ubahan pada sektor CVT jadi salah satu pilihan untuk membuat performa motor matik tokcer. Oleh karena itu, bengkel RI Matic yang berlokasi di Jl. Pondok Kopi Raya Blok S No. 5, Jakarta Timur ini menyediakan paket hemat untuk mendongkrak performa motor jenis ini.

"Paketan hemat kami Rp 540 ribu. Kami kustom kampas ganda dan mangkok CVT standar, sisanya part racikan dari sini semua," tutur Ikim Muhammad, pemilik bengkel RI Matic, kepada Liputan6.com.

Dijelaskan, Ikim biasanya mengubah lapisan kampas kopling standar motor dengan ukuran yang lebih panjang. Menurut dia, cara membuat kampas kopling lebih mengigit mangkok CVT.

"Semua motor matik hampir sama, cengkraman kampas kopling kurang. Gimana caranya supaya tidak delay, kami panjangin," jelas Ikim.

Sementara untuk mangkok CVT, Ikim melakukan ubahan dengan membuat lubang di sudutnya. Ia menuturkan mangkok ini didesain agar lebih cepat melepas panas menyesuaikan ubahan pada bidang kampas kopling.

"Mangkok kami kustom khusus buat melepas panas, lebih nge-grip, sama meminimalisir debu. Itu dibolongin, ada itungannya," tuturnya.

Adapun part lainnya yang termasuk dalam paket upgrade performa ala RI Matic yaitu per centrifugal, damper, dan per CVT. Khusus komponen terakhir ini Ikim menggarap dengan karakter kekerasan di bawah merek racing.

"Bawaan pabrik terlalu lembek, kalo racing terlalu keras. Per nggak boleh terlalu lembek atau keras biar (putaran) atas-bawah dapat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini