Sukses

Alasan Toyota Calya Tak Adopsi Mesin 1.000 Cc

Toyota tidak mengadopsi mesin 1,0 liter milik Sigra.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota bersama Daihatsu meramaikan segmen Low Cost Green Car dengan gacoan MPV 7-penumpang, Calya dan Sigra. Keduanya diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang dengan mengadopsi platform sejenis.

Meskipun demikian, Toyota hanya menggunakan varian mesin 1,2 liter. Adapun Daihatsu menawarkan Sigra dengan pilihan mesin 1,0 dan 1,2 liter kemudian terbagi dalam 10 tipe.

"Pada saat kami studi market dengan Daihatsu, studinya terpisah. Toyota mikirin dengan kapasitas 7 penumpang ya 1200 cc yang paling cocok, sesuai dengan segmen kita dan spek," tutur Anton Jimmi Suwandy, General Manager Marketing Planning Division PT Toyota Astra Motor.

Toyota menggarap Calya dengan segmentasi konsumen sedikit berbeda dari Sigra. Calya ini memiliki penampilan dan fitur safety yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen masing-masing merek.

"Safety-nya juga kami bedakan, stylish disesuaikan dengan segmen Toyota. Kalau segmen Daihatsu, dia punya studi sendiri," kata Anton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini