Sukses

Pabrikan Tiongkok Bikin Tiruan Kawasaki Ninja 250 Fi

Keweseki Ninja 150, barang tiruan Kawasaki Ninja 250 Fi. Secara visual, tak ada perbedaan antara keduanya.

Liputan6.com, Beijing - Satu hal yang lazim dilakukan pabrikan otomotif Tiongkok adalah membuat produk yang mirip dengan model dari merek terkenal. Dari mulai motor, hingga mobil, semua mereka tiru.

Salah satu produk tiruan tersebut bernama `Keweseki Ninja 150`. Yap, Keweseki, kami tidak salah ketik dan Anda tidak salah baca. Kabar tentang motor ini sudah tersebar bahkan sejak tahun lalu.

Informasi seputar motor ini tersebar melalui akun Facebook bernama kazawakung.wongsasang dan laman motorival.com. Tidak disebutkan soal harga, tapi dapat diperkirakan jauh lebih murah dibanding model asli.

Sebagaimana namanya, motor ini adalah tiruan dari new Kawasaki Ninja 250 fi. Dari segi visual, tak ada perbedaan antara keduanya. Dari mulai headlight, fairing, hingga kontur body, semua sama.

Yang jelas membedakan keduanya adalah mesin. Sementara Kewesaki menggendong mesin 150 cc bertenaga 24,7 Tk, maka Kawasaki 250 fi dilengkapi mesin 249 cc bertenaga 31 Tk.

Kasus ini bukanlah kejadian pertama. April lalu, di Tiongkok ada tiruan Yamaha R3 dengan nama Xgjao XGJ350. Pernah pula muncul imitasi Ducati Panigale dengan nama Wonjan WJ300 Space Ranger.

Sementara Honda CBR250R, pernah ditiru oleh manufaktur lokal bernama Zhejiang Jiajue Motorcycle Manufacturing. Mereka menamai tiruan CBR250R ini dengan sebutan R12 yang punya mesin 125 dan 250 cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini