Sukses

Waspada, Ini Penyakit Khas Nissan Grand Livina

Grand Livina varian manual kerap mengalami kopling jeblos. Pedal kopling tidak kembali ke posisi semula setelah diinjak.

Liputan6.com, Jakarta - Grand Livina termasuk salah satu MPV yang cukup digemari, mengingat daya angkutnya sebanyak 7 penumpang dengan rasa pengendaraan seperti sedan. Selain itu, Nissan menawarkan rentang tipe yang cukup lebar untuk MPV ini.

Sayangnya, Grand Livina memiliki penyakit khas yaitu kopling jeblos. Penyakit ini kerap terjadi pada varian transmisi manual di berbagai tipe, di mana pedal kopling kadang tidak kembali setelah diinjak dan perlu dikocok agar naik.

Cecep Dadan selaku pemilik bengkel Rizki Jaya Motor di Pasar Mobil Kemayoran menjelaskan bila kerusakan ini berasal dari master kopling yang bocor.

Foto: Yongki Sanjaya/Liputan6.com

"Itu dari master kopling, dia kan pakai hidrolik. Kalau perkiraan, kopling bawah bocor jadi oli kurang," kata Cecep pada Liputan6.com.

Adapun perbaikan untuk kerusakan ini dengan mengganti master kopling bawah. Proses perbaikannya pun perlu turun kopling.

"Ganti master kopling bawah kena Rp 400 ribu orisinal. Itu masuknya turun kopling, biaya jasanya antara Rp 400 sampai 500 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini