Sukses

Main Gim Bisa Asah Kemampuan Mengemudi

Gim bisa meningkatkan kemampuan motorik saat mengemudi.

Liputan6.com, California - Kata siapa bermain video gim hanya bisa membunuh waktu dan kebosanan. Menurut penelitian, bermain gim bertema balap atau action bisa meningkatkan keterampilan mengemudi.

Penelitian ini dilakukan dalam suatu studi ilmiah oleh New York University Shanghai. gim aksi ini contohnya seperti permainan berbentuk balap mobil atau tembak-tembakan sebagai tokoh pertama.

Dalam penelitian pada jurnal Psychological Science menjelaskan kemampuan pemain mengkoordinasikan informasi visual yang masuk dengan kontrol motorik berimbas pada sisi keterampilan di dunia nyata, salah satunya yaitu mengemudi.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa bermain video gim action setidaknya 5 jam sehari bisa menjadi alat efektif untuk membantu orang meningkatkan keterampilan kontrol visiomotor yang penting digunakan untuk mengemudi," kata peneliti New York University Shanghai, Li Li.

Peneliti membandingkan orang yang telah bermain video gim selama lima jam sehari dalam enam bulan terakhir dengan yang bukan pemain saat mengemudi dengan simulator. Pemain video gim lebih waspada dan kontrol berkendara lebih baik ketimbang yang tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini