Sukses

Manusia Tercepat di Atas Motor Triumph

Guy Martin, mantan pembalap profesional asal Inggris, berhasil menjadi manusia tercepat yang pernah mengendarai motor Triumph.

Liputan6.com, Utah - Guy Martin, mantan pembalap profesional asal Inggris, berhasil menjadi manusia tercepat yang pernah mengendarai motor Triumph. Ia mampu melaju hingga 441 km/jam di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat (AS).

Dilaporkan Visordown, ia berhasil memecahkan rekor kecepatan sebelumnya, 395 km/jam. Ia juga mengalahkan rekor tidak resmi 424 km/jam.

Rekor ini berhasil ia catatkan di atas motor Triumph Infor Rocket Streamliner. Kendaraan roda dua ini dibangun dengan konstruksi monokok kevlar, dengan dua turbocharged pada mesin yang mengonsumsi bahan bakar metanol. Motornya punya panjang 7.772 mm, lebar 609 mm, dan tinggi 914 mm.

Menariknya, rekor ini ia pecahkan di saat latihan untuk memecahkan rekor kecepatan darat. Martin berencana menjadi orang tercepat sejagad di atas roda dua. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Rocky Robinson dengan kecepatan 605 km/jam.

Rencana pemecahan rekor ini sebetulnya ingin dilaksanakan tahun lalu. Tapi saat itu gagal dieksekusi karena satu dan lain sebab.

Menurut Martin, capaian sebagai penunggang Triumph tercepat sangat baik dan menunjukkan bahwa ia ada di trek yang tepat.

"(Capaian ini) sangat baik dan kita bergerak ke arah yang benar. Tapi itu hanya satu langkah ke jalan apa yang saya dan tim lakukan di sini," tutur pria kelahiran 1981 yang pernah diisukan dekat dengan acara otomotif Top Gear ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini