Sukses

Fungsi Awal Kaca Film di Indonesia, Pelindung Tindak Kejahatan

Lapisan film mampu melindungi seseorang dari serpihan kaca ketika pecah.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Kaca film saat ini jadi salah satu bagian penting pada mobil. Pelapis tersebut berfungsi mengurangi dari intensitas cahaya dan panas matahari di siang hari.

Siapa sangka, kemunculan kaca film pada awalnya bertujuan untuk proteksi dari serpihan kaca ketika ledakan bom. Kaca film semakin banyak dipakai ketika Jakarta sering dilanda teror bom.

[bacajuga:Baca Juga](2572231 2527328 0)

"Awalnya 3M window product dikenal karena security-nya. Awal 2000-an banyak ledakan bom, disitu dikenal pertama kali di Indonesia. Window film bisa melindungi dari kaca-kaca berterbangan," kata Jeanny Margiano, Industrial and OEM Market General Manager PT 3M Indonesia.

Setelah aksi terorisme mereda, kaca film kembali berjasa mengamankan pengemudi maupun penumpang mobil dari tindak kejahatan di jalan raya. Adanya lapisan kaca film mampu melindungi pengguna dari serpihan kaca ketika ada suatu penodongan.

"Berangkat dari situ justru konsumen bilang bisa melindungi bila ditaruh di mobil. Dulu juga ada kapak merah, (kaca film) bukan supaya kaya nggak pecah tapi memberi kesempatan kepada pengemudi beberapa waktu untuk lari," kata Jeanny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • GIIAS 2016