Sukses

Cara Bikin Kaca Depan Mobil 'Anti-Embun'

penyebab kaca berembun bisa terjadi karena dua faktor. Pertama arah hembusan AC yang langsung ke kaca atau adanya kebocoran pada kaca mobil.

Liputan6.com, Tangerang - Kaca depan yang berembun menjadi masalah ketika berkendara. Kondisi ini kerap terjadi ketika berkendara di pagi hari dan selepas hujan kala malam.

Sebagaimana diketahui, penyebab kaca berembun bisa terjadi karena dua faktor. Pertama arah hembusan AC yang langsung ke kaca atau adanya kebocoran pada kaca mobil.

Agus Mustafa, Technical Support Auto2000 dalam Solusi Otomotif Liputan6.com menjelaskan, kaca berembun  bisa terjadi apabila ada perbedaan suhu udara  pada bagian sisi kaca dalam dingin kemudian sisi luar kaca bersuhu normal (udara luar). Secara alami akan terjadi proses pengembunan. 

"Contoh yang paling mudah kita lihat pada sebuah gelas kosong kemudian kita tuangkan air dingin, bagian sisi luar gelas akan mengalami proses pengembunan secara alamiah," katanya.

Menjawab isu tersebut, Herrys Winata, Marketing Manager PT Jaya Kreasi Indonesia, punya solusi agar kaca mobil bebas embun. Caranya memasang kaca film mobil yang telah dilengkapi kemampuan tersebut.

Perusahaan yang menjadi distributor merek kaca film seperti LLumar dan CPF1 itu mengklaim sejumlah produknya telah memiliki fungsi glare atau anti silau dan mencegah embun ketika hujan.

"Kaca film dengan kualitas baik itu tidak cuma mampu menolak panas. Fungsi lainnya meliputi glare supaya tidak silau dan mencegah embun," katanya saat ditemui di GIIAS 2016, Tangerang, Jumat (12/8/2016).

LLumar Gold Series dan Gold 70 merupakan produk kaca film yang mampu mencegah embun. "Kedua produk itu memang dirancang untuk kaca depan," imbuhnya.

Sementara itu, hajatan GIIAS 2016 dimanfaafkan PT Jaya Kreasi Indonesia untuk menggelar promo. Misalnya, harga Gold Series dan Gold 70 yang biasanya dijual secara ritel sebesar Rp 3 juta menjadi Rp 1 juta bila dipaket dengan program full set.

Adapun mereka menawarkan harga full set kaca film untuk mobil kecil seharga Rp 750 ribu, mobil sedang Rp 850 ribu, dan mobil besar Rp 950 ribu. "Produk kami dilindungi garansi selama tujuh tahun," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.